Rabu, Maret 09, 2011

Buku 7 : Sistem Informasi Penjualan dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus Aplikasi Apotek Integrasi barcode Scanner)

Buku ini merupakan lanjutan dari buku sejenis sebelumnya yang bertema “Aplikasi Mini Market Integrasi Barcode Reader”. Berbeda dengan buku sebelumnya yang mengangkat topik pemrograman berbasis kelas (class), yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca awam, di buku ini dibahas dengan teknik pemrograman yang sangat sederhana, sehingga sangat mudah dipahami oleh pembaca awam sekalipun. Selain teknik pemrograman yang sederhana, studi kasus juga dibuat lebih sempit lingkupnya, yaitu apotik.

Buku ini disusun dalam lima bab. Bab 1 membahas tentang Pemrograman Dasar PHP dan Database MySQL, meliputi:
  • Pemrograman PHP.
  • Fungsi PHP untuk MySQL.
  • Pengelolaan Database MySQL dengan PHP.

Bab 2 membahas tentang JavaScript dan CSS (Cascading Style Sheet), meliputi:
  • Pemrograman JavaScript.
  • CSS (Cascading Style Sheet).

Bab 3 membahas tentang Perancangan Sistem dan Database, meliputi:
  • Alur Kerja Program Aplikasi.
  • Perancangan Menu Aplikasi.
  • Perancangan Database.
  • Relasi antar Tabel.

Bab 4 membahas tentang langkah Membuat Aplikasi Admin, meliputi:
  • Berbagai Form, Laporan, dan Validasi yang digunakan pada Aplikasi Admin.
  • Kode Program dan Keterangan yang digunakan untuk Membuat Form, Laporan, dan Validasi pada Aplikasi Admin.

Bab 5 membahas tentang langkah Membuat Aplikasi Kasir, meliputi:
  • Berbagai Form, Laporan, dan Validasi yang digunakan pada Aplikasi Kasir.
  • Kode Program dan Keterangan yang digunakan untuk Membuat Form, Laporan, dan Validasi pada Aplikasi Kasir.

18 komentar:

  1. Pak Riyanto, saya acungi jempol untuk buku Bpk yg sblumnya '..Study kasus Aplikasi Mini Market..', penjelasan nya sgt lengkap, sesuai dgn yg saya cari selama ini, skrg sy mau beli yg lanjutannya ini, yg berjudul '..Study kasus Aplikasi APOTEK..', tapi knpa di semua Gramedia jkt blm ada ya? dimana sy bisa beli? thks
    (Julian-087880000221)

    BalasHapus
  2. dah masuk di Gramedia seluruh Indonesia sejak awal April. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah beli bukunya,, bagus sekali tp jika ada pertanyaaan mengenai content buku kemana sy harus hubungi ?

      tksh.

      Erwin.S
      ersul2000@gmail.com

      Hapus
    2. saya sudah beli bukunya,, bagus sekali tp jika ada pertanyaaan mengenai content buku kemana sy harus hubungi ?

      tksh.

      Erwin.S
      ersul2000@gmail.com

      Hapus
  3. pak rianto,saya sudah beli buku anda yg sistem informasi APOTEK itu,,cuma saya trouble di LAPKASA.PHP (line 78) dan LAPKASIR.PHP (line 79),,disitu error yg ditunjukan pada

    "Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in C:\xampp\htdocs\...."

    jadi pada kesalahan itu hasil outputnya tidak keluar sama sekali,alias 0,,mohon pencerahannya pak

    lp_lpjyz@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti XAMPP nya pak pake versi 7 ke atas.. kemaren saya juga begitu

      Hapus
  4. harusna jalan itu, Mas. Coba pake XAMPP versi terbaru. Makasih

    BalasHapus
  5. mas saya bermasalah di setting-an printer pas cetak struk.. kertasnya saya pake kertas roll, tapi malah cetakannya kaya kertas A4, ada solusi mas?? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Mas knapa punya saya tidak bisa login pada uname sama upasswd nya udah sama dan sudah sama dengan 1 (admin)..

    BalasHapus
  7. mas...mau nanya buku diatas masih ada stok gak..dimana bisa saya dapatkan

    BalasHapus
  8. mas,, kasih info dnk hosting yang ada postgreSQl nya ??

    BalasHapus
  9. Mas Riyanto, kemaren saya beli buku ini di gramedia Centra Park, tapi CD nya sudah tidak ada & stocknya tinggal satu. Bisa ga saya minta di kirim source codenya ke email saya, nicobarker182@gmail.com

    BalasHapus
  10. saya beli mini market dan buku ini dimana yg ada,, ya tolong infonya

    BalasHapus
  11. mas kalo nambah item kok terduplikasi mas...bukan jadi nambah qty nya

    BalasHapus
  12. mas, sy tdk bs login dgn username & password yg tersedia.. mohon pencerahanny.

    BalasHapus
  13. mas riyanto sy udh beli bku mas yg sistem informasi penjualan dengan php dan mysql.sy udh cb smua login mnggunakan admin-admin, riyanto-admin,administrator-admin tapi tidak bisa. sy pke xampp versi 1.7.1 ..mohon bantuannya mas..

    BalasHapus
  14. mas riyanto... ada celah nya nih...
    1. saya coba di sistem penjualan... begitu saya masukan barang yang mau di beli, stok barang langsung berkurang... ini belum melakukan pembayaran.. saya klik "F2" buat mengulang.. stok tetap berkurang, pdhal asumsi nya barang tidak jadi di beli..
    2. saat masuk ke sistem pembayaran, saya tidak bisa melakukan penambahan qty atau penghapusan item...

    mohon pencerahan

    BalasHapus