Rabu, Maret 09, 2011

Buku 5 : Membuat Sendiri Aplikasi Mobile GIS Platform Java ME, BlackBerry, dan Android


Seiring meningkatnya mobilitas masyarakat dan tingginya kebutuhan informasi berupa peta, GIS (geographic information system) tidak sekedar trend teknologi, tetapi telah menjadi sebuah kebutuhan. Ketatnya persaingan para vendor perangkat bergerak (mobile device) dengan berbagai fitur dan keunggulan, seperti GPS (global positioning system), secara tidak langsung berdampak positif bagi konsumen teknologi mobile. Setidaknya, perangkat dapat diperoleh dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau.
Integrasi teknologi mobile, GIS, dan GPS, memungkinkan dikembangkan aplikasi Mobile GIS yang interaktif. Dukungan processor yang semakin canggih dan kapasitas memori yang semakin besar, menjadikan telepon seluler tidak sekedar sebagai alat komunikasi, tetapi juga mobile computer yang secara real time dapat dijadikan sebagai alat navigasi, pemantau kepadatan lalu-lintas dan bencana alam, sistem pelacakan kendaraan, dan lain sebagainya.
Ketersediaan perangkat bergerak, lingkungan pengembang, dan pustaka pemetaan, memungkinkan mendisain dan mengembangkan sendiri aplikasi Mobile GIS dengan mudah dan cepat. Terlebih dengan banyaknya penyedia layanan peta berbasis web, seperti Google Maps dan Yahoo! Maps, selain dapat menggunakan data peta secara gratis, juga tidak perlu membuat server khusus untuk mengelola data peta.

6 komentar:

  1. hallo pak Riyanto,

    saya telah membeli Anda yang berjudul Membuat Aplikasi Mobile GIS platform BB, dan saya akan jadikan sebagai tugas akhir di kampus,.
    Namun saya mengalami kendala soal penggunaan pada simulator di BBnya pada file MapField.java..??
    Mohon responnya Pak, soalnya dalam waktu dekat saya sudah harus maju ujian meja.
    Terima kasih

    Eka (email ; ekafe.cin0@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Pak Riyanto,
    Skalian saya ingin konsultasi mengenai cara memasukkan lisensi key pada MGMaps nya.
    Pada bagian mana lisensi key ini di insert? sebab dalam buku anda tidak dijelaskan sama skali....
    Mohon infonya

    Salam

    Eka (email ; ekafe.cin0@gmail.com)

    BalasHapus
  3. baca lagi di bab 1, 3, , dan 4. disitu dah dibahas lengkap. bongkar juga kode programnya, biar lebih jelas. makasih

    BalasHapus
  4. Mas kenapa ya waktu saya jalankan di eclipse untuk android selalu muncul error dimulai dari
    java.lang.NoClassDefFoundError: com.nutiteq.BasicMapComponent
    apakah kode api harus kita generate sendiri?
    lalu apakah erro itu ada hubungannya dengan account di nutiteq(expired mungkin)?

    thx sblmnya mas

    BalasHapus
  5. mas,saya kemarin ikut peltihan operator DAPODIK dmna bapa rinyato sebagia tutornya di hotel jayakartatggl 3-5 desember 2013....mohon petunjuk dan totorial u tuk bs masuk ke aplikasi DAPODikmen...Tks

    BalasHapus
  6. saya sudah mencari buku anda di kota banda aceh tidak ada. dimana saya dapat buku anda di kota banda aceh ?

    BalasHapus