Selasa, Maret 17, 2009

Buku 2 : Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Desktop dan Web.

Dengan perjuangan yang lumayan keras akhirnya terbit juga buku keduaku. Alhamdulillah Ya Allah, hanya dengan rahmat-Mu lah buku ini bisa terbit. Do'a lanjutanku adalah semoga buku ini sukses melebihi buku yang pertama. Amien.
Aq gak tau bagaimana menggambarkan perjuangan dalam menyelesaikan buku ini, demi kualitas sampai-2 menambah tim yang berasal dari luar disiplin ilmu yang saya tekuni, tepatnya anak Teknik GEODESI yang bernama Prilnali Eka Putra (biasa dipanggil Eka -- Penulis Kedua). Teman satu kos yang memperkenalkan aq dengan Eka.
Eka ini bertanggungjawab atas isi materi pada bab 1 dan sebagian bab2. Saat itu saya sangat bergembira sekali, karna telah mendapatkan tim yang emang ahli dibidangnya. Thanks Eka...
Setelah merambah pada bab terakhir, tepatnya materi WEB-GIS dengan JAVA, ternyata aq mengalami kesulitan membuat software-nya, sehingga aq putuskan untuk menambah satu lagi partner untuk menjadi penulis ketiga, meski sempat gonta-ganti tapi akhirnya selesai juga tepat waktu. Sekali lagi Alhamdulillah ya Allah....
Dan berikut adalah deskripsi buku kami yang kedua.

Judul : Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web

Materi yang dibahas:

[1]. Peta, Sistem Informasi, Sistem Database dan SIG.

[2]. Digitasi Peta dengan AutoCAD Map 2000i, ArcView 3.3, dan MapInfo 9.0.

[3]. Membuat Aplikasi Desktop-GIS dengan Visual Basic (dengan TatukGIS dan MapXtreme), Delphi (dengan MapXtreme), dan Visual C++ (dengan MapXtreme -- tidak dibahas dibuku tp diikutkan di-CD).

[4]. Dasar-dasar Pemrograman SIG Berbasis Web: HTML, JavaScript, PHP, MySQL, dan MapView SVG.

[5]. Membuat Aplikasi Web-GIS dengan SVG Viewer: Export Data Peta (ArcView) ke MySQL, dan Web Mapping dengan PHP.

[6]. Membuat Aplikasi Web-GIS dengan MapXtreme Java: Instalasi MapXtreme Java, Membuat File Geoset dan Map Definition, dan Web Mapping dengan Java.


6 komentar:

  1. Wah keren bung, qra2 kapan tuh nongol di Gramedia ato toko buku yg laen? Harganya sekitar berapaan ya?

    BalasHapus
  2. Mas, saya lagi pengen banget bisa buat webgis...mungkin buku mas yang belum saya punya...nanti kalo udah beli dan ada masalah bisa saya bisa curhat gak..sekarang saya punya modal mapviewsvg berlicensi, tapi gak ngerti gimana upload ke webhosting dan buat template untuk antar muka website kita dan meletakan file svg hasil ekportnya di website..mohon pencerahan...terimakasih..

    BalasHapus
  3. @GIS EXPERIENCE: Mudah itu, yang tinggal di-upload ajah, contoh aplikasi mapviewsvg yang pernah sy upload: http://www.masto.co.cc/mapview/index.svg

    Makasih

    BalasHapus
  4. Mas, sya sudah miliki buku mas...
    sya mau tanya, karna aplikasi yg da dlm buku itu rusak, untuk download MAPXTREME, link na apa???
    apa perbdaan versi 4.8.1(yg ada d CD) dgn yg baru mislnya versi 6xxx????
    gratis pa berbayar mas????
    trimakasih...

    BalasHapus
  5. Bukunya udh ngk d suplay lagi,ya...???
    Soalnya,nyari di setiap tiko buku area surabaya ngk nemu2.
    Lagi butuh bangat nh buku....

    Kira ad ngk ya, link yg ngasih tutorial mapxtreme untuk sig berbasis web.

    BalasHapus
  6. saya sudah memiliki buku ini.... namun saya rasa pembahasan pada bab 5 tentang svg,mysql dan java scriptnya kurang.. karena tidak dimuat fungsi fungsi javascript untuk menampilkan koordinat(langitude/latitude) dan skala peta... padahal 2 hal tersebut sangat esensial dalam sebuah peta digital / manual..
    kiranya bisa dikasih link yang membahas script script tersebut... terima kasih

    BalasHapus